Merokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita, merokok membuat penyakit jangka panjang, karena penyakit yang di akibat rokok tidak nampak dalam waktu jangka pendek. Cara berhenti merokok dapat anda lakukan asalkan memang sudah memiliki niat kuat untuk berhenti merokok. 

Saya sendiri juga termasuk perokok berat dan melalui artikel ini saya akan memberikan tips-tips yang pernah saya lakukan sehingga saya dapat terbebas dari asap rokok. Saya juga tahu karena merokok memang nikmat terlebih jika menghisapnya sambil minum kopi atau sehabis makan namun setelah saya diberitahukan oleh seorang teman dan disertakan bukti-buktinya bahwa rokok dapat membunuh saya secara perlahan sejak saat itu saya bertekad kuat untuk meninggalkan rokok.

Bagaimana cara berhenti merokok dengan cepat?
Sebelum kita membahas lebih jauh alangkah baiknya kita mengetahui tentang bahaya yang dapat ditimbulkan oleh rokok. apa anda tahu bahaya apa sajakah itu? Yup, tepat sebenarnya didalam bungkus rokok juga sudah tertulis dengan jelas bahwa rokok dapat menyebabkan serangan jantung, bahaya kehamilan (khusus wanita), dan juga impotensi yang semua penyakit tersebut bukanlah penyakit yang bisa dianggap ringan. Saya tahu anda memiliki alasan tersendiri kenapa tidak bisa meninggalkan rokok dan dibawah ini adalah beberapa alasan yang saya rangkum berdasarkan pengalaman teman-teman saya:
  • Ketagihan atau kecanduan
  • Merokok adalah kebutuhan
  • Penambah  keakraban dengan teman sesama perokok
  • Ingin dianggap gentle
  • Ikut-ikutan saja
Tidak perduli dengan alasan diatas atau apapun merokok tetap berbahaya bagi kesehatan TITIK! saya yakin anda juga setuju dengan saya dan mulai mencari cara untuk berhenti merokok sebagai referensi anda berikut rangkuman pengalaman yang pernah saya lakukan untuk meninggalkan rokok:

1. MANTAPKAN NIAT

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki niat kuat. Tanpa niat anda akan cepat runtuh dan tergoda dengan ajakan teman-teman anda. Bayangkan apa yang terjadi jika anda lakukan ini semua tanpa diawali dengan niat tulua dari diri anda sendiri tentu kedepanya anda akan merasa terpaksa, cepat bosan dan mudah tergoda bukan?

2) BERJANJI PADA DIRI SENDIRI
Setelah anda memantapkan niat sekarang anda harus berjanji pada diri anda sendiri atau bila perlu berjanji kepada tuhan bahwa "jika anda merokok kembali akan terkena serangan jantung", memang terdengar ekstrim namun bila anda hendak merokok dan teringat janji tersebut kepada tuhan percayalah anda akan langsung mengurungkan niat anda.

3) JAUHI ROKOK
Kini saatnya perang dimulai untuk anda yakni menjauhi rokok secara perlahan namun pasti. Pada tahap ini WAJIB hukumnya bagi anda untuk sementara dulu meninggalkan semua yang berbau rokok seperti lingkungan pergaulan anda, warung kopi, tempat nongkrong, dan lainya. Menurut pengalaman saya hal ini cukup berat karena teman-teman anda mulai menanyakan keberadaan anda yang sudah tidak lagi mau berkumpul tetapi cukup anda jelaskan sejujurnya bahwa anda hendak meninggalkan rokok dan sementara waktu menghindar dari teman-teman anda.

4) CAMILAN
Nah, awal-awal ketika berhenti merokok mulut rasanya sangat asam dan  didalam diri anda selalu gelisah bahkan waktu itu saya mempunyai pikiran bahwa "rasanya lebih baik dipukuli dari pada tidak merokok seharipun", mungkin tahap inilah yang sedang anda rasakan bukan? Untuk mengatasi mulut yang terasa asam anda bisa memakan camilan atau menyiapkan persediaan permen karet yang cukup banyak untuk dimakan sewaktu-waktu mulut anda mulai terasa asam. sedangkan untuk menghilangkan rasa gelisah anda bisa membuat kesibukan diri yang menguras fisik dan pikiran seperti main game, menonton film favorit anda, dan bermain futsal bila anda menyukai sepak bola.

5) MEMPERTAHANKAN
Setelah anda melewatj masa-masa suram nan menyiksa tersebut mungkin selang beberapa hari rasa keinginan anda untuk merokok sudah menurun dan ini adalah kabar baik untuk anda. Pada tahap ini anda tinggal melanjutkan apa yang memang sudah anda lakukan beberapa waktu yang lalu tetapi ingatlah satu hal jika pada tahap terakhir ini anda gagal mempertahankanya maka rasa keinginan merokok anda akan membludak luar biasa bahkan dalam sehari mungkin 3 bungkus rokok tidaklah cukup untuk anda. Kenapa saya bisa mengetahui ini akan terjadi? Sebab saya dulu juga gagal pada tahap ini dan keinginan saya untuk merokok sangat luar biasa rasanya seperti seseorang yang begitu kehausan ditengah padang pasir dan menemukan sebuah danau. Bisa anda bayangkan sendiri seperti bukan?

Untuk menambah semangat anda sebenarnya berhenti merokok akan membawa dampak positif untuk anda seperti uang yang seharusnya untuk membeli rokok bisa anda gunakan sebagai tambahan biaya bulanan anda atau tamabahan kredit motor serta kesehatan anda juga akan lebih baik. Sekian artikel tentang tips berhenti merokok dengan cepat semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat, terima kasih.
Comments
0 Comments

Post a Comment Blogger

Silahkan tinggalkan komentar!

 
Top