Air sangat berpengaruh dalam tubuh dan kesehatan kita, bayangkan kalau tidak ada air, sungguh kita tidak bisa hidup. Banyak air yang harus kita minum dalam setiap harinya? Kardiolog dari Amerika Serikat, Dr James M. Rippe memberi saran untuk kita minum air paling sedikit 1 liter lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh rasa haus tubuh kita.  

Dr. James juga menyarankan orang yang lebih banyak berada didalam ruangan ber-AC untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Orang dewasa disarankan untuk minum air putih rata-rata 1.200 – 2.000 cc. Jika disesuaikan dengan postur tubuh manusia dan perubahan cuaca, dibutuhkan sekitar 6 – 10 gelas ukuran 200 cc, atau rata-rata 8 gelas sehari.
Formula Kebutuhan Air

Beberapa ahli memberikan formula untuk kebutuhan air dalam sehari sebagai berikut:

Jumlah air kosong yang perlu diminum dalam sehari = (40 X berat badan anda)+ 500ml

Contoh: Berat badan 80 kg, maka jumlah air yang harus diminum dalam satu hari adalah sebanyak  (40 X 80) + 500 =3700ml

Teori penggantian (replacement theory) menyebutkan bahwa tubuh manusia memerlukan masukan air setiap hari sejumlah air yang dikeluarkan dari tubuh setiap hari.    Rata-rata orang dewasa mengeluarkan urine sekitar 1,5 liter setiap hari. Setiap hari kita juga kehilangan sekitar 1 liter air melalui pernapasan, keringat, dan feses. Makanan menyumbangkan 20 persen dari kebutuhan air harian, maka minum 2 liter air atau 8 gelas sehari, akan cukup untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita setiap hari.

Cara lain untuk mengetahui bahwa kita telah minum dalam jumlah yang cukup adalah bila kita jarang merasa haus dan memproduksi satu hingga dua liter urine yang tidak berwarna atau agak kuning.

Tips Sehat Minum Air
  • Aturlah jarak waktu minum, jangan terlalu sering dan terlalu jarang.
  • Biasakan minum air sehabis buang air kecil.
  • Biasakan minum air di pagi hari saat kita baru bangun tidur.
  • Jangan minum terlalu banyak air dalam sekali minum, karena justru akan memperberat kerja jantung dan ginjal.
  • Minum air sebaiknya dalam jumlah sedikit dengan frekwensi sering, jangan menunggu rasa haus muncul baru meminum air.
  • Bagi Anda yang berpuasa disarankan mengkonsumsi cukup air  saat buka dan sahur.
Dr. McCartney di British Medical Journal memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut hiponatremia, yaitu kadar

Manfaat Air
Selain dapat memuaskan rasa dahaga dan mencegah dehidrasi, air juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:
 
Mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, seperti: sakit kepala, asma, darah tinggi, bronchitis, kencing manis, kurang darah, TBC, paru-paru, rematik, radang otak, batu ginjal, haid tidak teratur, diabetes, penyakit saluran kencing, leukimia, asam urat, mencret, kanker payudara, gangguan jantung, stroke, disentri, radang tenggorokan, ambien, sembelit, dan  batuk. Serta manfaat lainnya :
  • Memperlancar sistem pencernaan
  • Mengontrol kalori dan mengurangi berat badan
  • Menyehatkan kulit
  • Mengurangi stress dan depresi
  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  • Meningkatkan ketajaman otak

Nah, sekarang anda tau bagaimana perlunya air putih dalam hidup kita kan, jadi saran kami disini janganlah malas meminum air putih. Semoga anda sehat selalu.
Comments
0 Comments

Post a Comment Blogger

Silahkan tinggalkan komentar!

 
Top