Mata minus  di Indonesia lebih akrab dengan sebutan rabun jauh yang menyebabkan si penderitanya tidak mampu melihat suatu objek dengan tepat. masalah ini membuat si penderitanya menjadi sangat tidak nyaman dengan keadaanya dan mengobati mata minus dengan segera adalah satu-satunya jalan yang harus segera anda lakukan dan informasi kali ini telah merangkum cara mengurangi mata minus secara alami yang bisa anda terapkan, berikut ulasanya:

1) Lepas kaca mata jika tidak di perlukan
Salah satu cara mengurangi mata minus adalah dengan melepas kaca mata anda jika sudah tidak diperlukan lagi. kaca mata sebenarnya justru membuat otot siliaris menjadi kaku dan tidak elastis karena bola mata anda terfokus ke lensa sehingga jika anda ingin melihat kesamping harus menggerakan leher anda tanpa bisa meliriknya saja.

2) Melatih kelenturan otot mata
Objek yang jauh akan membuat otomatis otot siliaris mata anda bekerja secara maksimal dan sebaiknya sering-seringlah mengganti objek penglihatan antara objek jauh dan dekat. jika anda secara terus menerus melihat objek yang dekat tanpa henti akan membuat mata anda cepat lelah dan efek buruknya akan menambah minus anda.

3) Sering mengistirahatkan mata
Mata yang terlalu lelah karena terus digunakan tentu saja akan membawa efek buruk. jika anda seseorang yang bekerja di depan komputer akan sangat beresiko tinggi jika tidak mengistirahatkan mata. cobalah untuk sesekali memjamkan mata anda atau jalan-jalan keluar sebentar agar mata anda menjadi fresh dan segar kembali.

4) Melakukan senam mata

senam mata bisa anda terapkan untuk mengatsi mata minus. metode ini cukup efektif jika anda melakukanya dengan rutin caranya juga bisa terbilang cukup mudah yaitu :
  • Tatap suatu objek lurus kedepan kemudian arahkan bola mata ke atas dan diam selama kurang lebih 10 detik
  • Kemudian kembalikan ke posisi semula dan lihat ke arah bawah selama 10 detik dan lakukan cara yang sama dengan melihat ke kanan dan kiri dengan cara melirik sampai mentok
  • Putar arah pandangan bola mata anda searah dengan jarum jam kemdian balikan penglihatan dengan melawan arah jarum jam
  • Lakukanlah cara ini setiap hari agar mata minus anda cepat berkurang.
5) Teknik eye palming
Teknik eye palming adalah suatu usaha anda untuk mengistirahatkan mata anda sejenak dengan cara mengompres menggunakan air hangat yang memiliki tujuan untuk mengurangi ketegangan pada otot mata dan cukup ampuh mengobati mata minus secara alami dan bisa di kombinasikan dengan senam mata. caranya adalah sebagai berikut ini :
  • Siapkan kain atau handuk yang bersih dan air hangat
  • Kemudian, rendam kain atau handuk tersebut dengan air hangat yang telah anda siapkan tadi
  • Tempelkan ke lingkaran kelopak mata anda secara perlahan dan bila perlu sambil di pijat-pijat ringan dan setelah itu dijamin khasiatnya akan langsung terasa mata anda akan jauh lebih segar daripada sebelumnya.
  • Cara mengurangi mata minus dengan cepat
Cara mengurangi mata minus harus segera anda lakukan jika organ penting ini mengalami suatu masalah penglihatan. karena mata adalah salah satu organ penting tubuh yang fungsinya sangat vital yaitu sebagai penangkap objek visual penglihatan dan juga sebagai penunjuk jalan anda. apa anda pernah membayangkan apa jadinya bila tuhan tidak menciptakan sepasang bola mata untuk kita tentu hidup ini akan menjadi hal sangat rumit mengingat peranan mata yang begitu penting. mata minus atau di dalam dunia kedokteran lebih dikenal dengan myopia ini adalah suatu masalah yang terjadi pada otot siliaris mata yang tidak bisa bekerja (elastis) sebagaimana mestinya. umumnya seseorang yang terkena gejala mata minus yakni karena penggunaan gadget yang terlalu berlebihan, ponsel, atau apapun yang memiliki layar tampil yang membuat otot siliaris mata lama-kelamaan akan menjadi kaku dan inilah awal mula mata minus terjadi.
cara mengurangi mata minus secara alami

Cara mengobati mata minus secara alami
Saya sempat membaca sebuah situs bahwa belum lama ini para peneliti mata di Amerika Serikat menemukan sebuah alat yang dapat menyembuhkan mata minus. alat ini mirip seperti tablet dan cara kerjanya yakni akan secara otomatis menyesuaikan ketajamanya. dan kepala proyek ini Brian Barsky berpendapat bahwa "pengguna yang memiliki kekurangan dalam penglihatan akan di akomodasikan dengan cara memodifikasi tampilan pada layar alat tersebut" namun, ada suatu kendala yang harus dihadapi oleh peneliti ini yakni tim harus membuat suatu algoritma baru yang dapat secara otomatis membuat perintah terhadap intensitas cahaya pada pixel layar terhadap kondisi penggunanya. akan tetapi tim telah membuat suatu kemajuan yakni dengan mengadakan simulasi dan secara otomatis layar akan terlihat normal mengimbangi kondisi minus si penggunanya.

Perlu anda ketahui, mata minus dapat menyerang siapa saja tidak perduli apakah anda pria atau wanita tua ataupun muda semua memiliki resiko yang sama terhantung kondisi dan cara hidup anda yang memberi pengaruh cukup besar adapaun yang harus anda lakukan adalah mencegah penyakit ini dengan terus menjaga kesehatan mata anda yaitu dengan beberapa hal dibawah ini :
  • Hindarilah penggunaan gadget yang terlalu lama
  • Hindari menonton tv terlalu dekat
  • Kurangi aktifitas anda di depan komputer yang terlalu lama
  • Jangan pernah membaca buku sambil tiduran
  • Perbanyak makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin A karena sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. contohnya : wortel, alpukat, dan ikan salmon.
Itulah beberapa tips mengurangi mata minus secara alami yang bisa saya sampaikan kali ini dan saya berharap artikel ini bermanfaat untuk anda dan pesan terakhir dari saya sebelum menutup artikel ini adalah mata minus jika dibiarkan semakin lama minusnya akan bertambah maka dari itu segera lakukan penanganan dan pengobatan yang tepat adalah dengan mengunjungi dokter spesialis mata yang dapat memberikan penanganan yang tepat dan terbaik untuk anda, terima kasih.
Comments
0 Comments

Post a Comment Blogger

Silahkan tinggalkan komentar!

 
Top