Hidup tersumbang sangat sering menghantui kesehatan dan aktivitas kita sehari-hari, namun tanpa kita sadari bahwa itu bisa kita atasi dengan tanpa obat, melainkan dengan cara-cara alami yang sangat mudah kita dapatkan, berikut beberapa tips atau cara mengatasinya :

  • Minum air

Air sangat diperlukan untuk menjaga kadar air dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu fungsi air secara tidak langsung dapat melonggarkan saluran hidung yang tersumbat dan mencegah penyumbatan sinus. Minumlah banyak air terutama air hangat untuk melegakan hidung tersumbat serta racun dari dalam tubuh.


  • Makanan pedas

Rasa dan aroma yang tajam dari makanan pedas bisa jadi pelega hidung tersumbat. Karena itu makanlah makanan pedas karena rasa pedas itu dapat membuat lendir di hidung keluar dengan sendirinya.

  • Mengatur posisi tidur

Meninggikan kepala saat tidur dengan menambahkan bantal sebagai penopang. Dengan cara ini memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur Anda tidak terganggu karena kesulitan bernapas.

  • Minum teh herbal

Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

  • Berkumur dengan garam

Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

  • Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air hangat dapat menembus hidung, mencairkan lendir dan melegakannya.

  • Minyak kayu

Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

Demikian beberapa cara alami mengatasi hidung tersumbat, semoga beberapa cara tersebut dapat bermanfaat untuk anda.


Comments
0 Comments

Post a Comment Blogger

Silahkan tinggalkan komentar!

 
Top