Titanoboa, adalah se'ekor ular dengan panjang 13 meter, yang pernah hidup di hutan hujan kolombia sekitar 58-60 juta tahun yang lalu.
ular ini begitu besar, memiliki lebar sekitar pinggul seseorang, dan peneliti memperkirakan kalau beratnya mencapai 1 ton.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Jason Head, dari University of Toronto di Mississauga, Kanada, menggunakan hubungan matematis yang dikenal antara ukuran tulang dan panjang tubuh dalam hidup ular untuk memperkirakan ukuran binatang purba.

Ular dengan nama lengkap Titanoboa cerrejonensis tidak ada apa-apanya jika di bandingkan dengan ular terberat di dunia saat ini Green anacondas dengan berat mencapai 250 kg, dan juga ular terpanjang di dunia saat ini Reticulated pythons dengan panjang mencapai 10 meter karena titanoboa memiliki panjang 13m dan berat yang mencapai 1.140 kg dan itulah yang membuatnya menjadi ular terbesar dalam catatan.

Profesor polly memperkirakan kalau titanoboa juga sama halnya seperti anaconda, yang menghabisakan waktunya di dalam air. Para peneliti juga belum tahu pasti apa makanannya, mungkin, ikan besar ataupun buaya. Sayangnya Titanoboa mulai mati karena suhu di bumi yang semakin panas.

Sumber : Sobat Kurniaone


Comments
0 Comments
 
Top